Jenjang Sekolah : SMP
Kelas / Semester :
VIII/ 1
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi Pokok :
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Waktu :
45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong ), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, menyaji , dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
Menyelesaikan sistem persamaan
linear dua variable (SPLDV)
C. Indikator
1.
Mengenal variabel, koefisien dan konstanta dalam
system persamaan linear dua variabel
2.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua
variabel dengan metode subtitusi
3.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua
variabel dengan metode eliminasi
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami dan membedakan variabel,
koefisien dan konstanta dalam sistem persamaan linear dua variabel
2.
Siswa dapat menyelesaikan SPLDV dengan
menggunakan metode eliminasi
3.
Siswa dapat menyelesaikan SPLDV dengan
menggunakan metode subtitusi
E. Materi (Terlampir)
Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel
F. Pendekatan
/ Model / Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
2.
Model
pembelajaran
: Problem Based Learning
3.
Metode
pembelajaran :
Diskusi/ tanya jawab, penugasan
G. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
LCD, Laptop, Bahan tayang(Power point), Buku.
2.
Sumber belajar : Indonesia,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.Buku Guru Matematika
kelas VIII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaanhal 12 - 22.
3.
Alat :
Buku Petak
H. Langkah – Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Fase 1:Menyampaikan tujuan pembelajaran dan
mempersiapkan siswa
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran
berlangsung
4.
Guru mengajak siswa untuk mencermati topic,
kompetensi dasar dan tujuan perbelajaran yang akan dicapai pada pertemuan
tersebut.
|
10 menit
|
INTI
|
Fase 2 : Mendemonstrasikan pengetahuan
dan keterampilan
1.
Guru menjelaskan tentang system persamaan
linear dua variabel
2.
Guru membantu memantapkan pemahaman siswa
tentang system persamaan linear dua variabel
Fase 3: Membimbing pelatihan
1.
Guru memberikan soal yang berkaitan dengan
SPLDV dan meminta siswa maju untuk mencoba mengerjakan
2.
Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan
dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV
3.
Guru membantu memantapkan pemahaman siswa
dalam mengerjakan tugas.
Fase 4:Mengecek pemahaman dan memberikan umpan
balik
1.
Guru memberika kuis kepada siswa yang
berkaitan dengan SPLDV sebagaimana untuk mengetahui kemampuan siswa
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang
ingin bertanya yang berkaitan dengan kuis yang telah dikerjakan
|
25 menit
|
PENUTUP
|
1.
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan
materi yang telah dibahas.
2.
Siswa di berikan tugas yang berkaitan dengan
materi yang telah diajarkan dan meminta siswa mempelajari materi selanjutnya.
3.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberi
pesan agar rajin belajar dan mempersiapkan diri untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
I.
Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
· Menunjukkan sikap konsisten
dan teliti dalam proses pembelajaran yang berlangsung. (Terlampir 1)
· Menunjukkan sikap logis
dalam menyelesaiakn suatu permasalahan.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
|
Latihan Soal
|
Penyelesaian tugas
|
3.
|
Keterampilan
· Menerapkan system persamaan
linear dua variabel ( SPLDV)
|
Tes tertulis
|
Penyelesaian tugas dan saat diskusi
|
J.
Instrumen Penilaian
Tes tertulis:
1.
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
berikut ;
2x – 3y = -6 dan
3x – 2y = 6 dengan menggunakan metode
eliminasi
2.
Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem
persamaan
x – 2y = 10 dan 3x + 2y = -2
dengan menggunakan metode subtitusi
K. LEMBAR
PEMGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata pelajaran
: Matematika
Kelas / semester
: VIII/1
Bubuhkan tanda pada
kolom – kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
NAMA SISWA
|
SIKAP
|
||
KRITIS
|
||||
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
Ibnu Mulya A.
|
|||
2
|
Hendra Sur
|
|||
3
|
Hasiholan M.
|
|||
4
|
Yoshiko Mutia
|
|||
5
|
Yuliana S.
|
|||
6
|
Balqis Majid
|
|||
7
|
Prihadi
|
|||
8
|
Devia Ganevi
|
|||
9
|
Andre Setiawan
|
|||
10
|
Novrialdi
|
|||
Dst.
|
Ket :
ü KB
: Kurang
Baik
ü B
: Baik
ü SB
: Sangat Baik
m Indicator Sikap kritis
dalam pembelajaran :
r Kurang baik jika
siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami dan
menjawab pertanyaan/mengajukan pendapat jika ada pertanyaan dari guru/siswa
lain
r Baik jika sesekali
mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami dan menjawab
pertanyaan/mengajukan pendapat jika ada pertanyaan dari guru/siswa lain
r Sangat baik jika
siswa sering mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami dan
menjawab pertanyaan/mengajukan pendapat jika ada pertanyaan dari guru/siswa
lain.
terima kasih atas postinganya
BalasHapus