Sabtu, 08 Oktober 2016

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan,  meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian (Prof. Dr. Suyono, M. Pd. dan Drs. Hariyanto, M. Si., 2012)
Witherington (1952) seperti yang dikutip oleh Sukmadinata (2004: 155) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan dalam kepribadian, yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respon yang baru yang berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan. Pendapat yang hamper sama dinyatakan oleh Crow and Crow dan juga Hilgard. Menurut Crow and Crow (1958) dalam Sukmadinata (2004: 155-156) belajar merupakan diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru.
Menurut Hilgard (1962), belajar adalah suatu proses di mana suatu perilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap suatu situasi. Selanjutnya bersama-sama dengan Marquis, Hilgard memperbarui definisinya dengan menyatakan bahwa belajar merupakan proses mencari ilmu yang terjadi dalam diri seseorang melalui latihan, pembelajaran, dan lain-lain sehingga terjadi perubahan dalam diri.
Gagne (1984) dalam Sagala (2009) mendefinisikan belajar adalah suatu proses di mana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman. Oxford Advanced Learner’s Dictionay (1990: 709) mendefinisikan belajar sebagai kegiatan memperoleh pengetahuan atau ketermpilan melalui studi, pengalaman, atau karena diajar. Gagne (1977), seperti yang dikutip oleh Dahar (1993: 76), mnyatakan bahwa belajar adalah sebuah proses perubahan tingkah laku yang meliputi perubahan kecenderungan manusia, seperti sikap, minat, atau nilai dan perubahan kemampuannya, yaitu peningkatan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis kinerja. Hampir mirip dengan definisi Gagne, DiVesta and Thompson (1970) dalam Sukmadinata (2004: 156) menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman. Secara lebih ringkas Gagne and Berliner (1970) dalam sumber yang sama, menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses perbahan tingkah laku yang muncul karena pengalaman.
Dalam Buku Perangkat Pembelajaran KTSP SMA (2009), belajar didefinisikan sebagai suatu aktifitas yang mengharapkan perubahan tingkah laku (behavioral change) pada individu yang belajar. Lebih dijelaskan lagi bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara peserta didik dengan sumber-sumber atau objek belajar, baik secara sengaja dirancang (by design) maupun yang tidak secara sengaja dirancang tetapi dimanfaatkan (by utilization).

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interakse dengan lingkungan yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar